Kamera hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ada yang ukurannya besar dan dibekali kemampuan untuk mengambil gambar resolusi tinggi, ada pula yang ukurannya kecil untuk dimasukkan dalam smartphone.

Ada juga kamera berukuran lebih kecil, dan bisa digunakan untuk keperluan medis. Misalnya OmniVision OV6948.

Yang membuat kamera OmniVision OV6948 spesial adalah ukurannya yang hanya seperti butiran pasir.

Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (26/10/2019), OmniVision OV6948 merupakan kamera dengan ukuran kurang dari 1 milimeter, tepatnya 0,575 x 0,575 x 0,232mm.

Meski demikian, kamera ini mampu memproduksi gambar berwarna dengan resolusi 40.000 piksel. Hal ini dimungkinkan karena kamera tersebut memiliki chip back-side illuminated RGB Bayer.

Bakal Dipakai di Bidang Medis

Dokter bedah plastik sedang mengecek lemak perut saat operasi bedah plastik di RS EMC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (14/1). Operasi bedah plastik ini ditujukan untuk membentuk perut jadi six pack. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lantas apa kegunaan kamera super kecil ini? Disebutkan, kamera super mini tersebut tidak dirancang untuk ditempatkan dalam smartphone.

Kamera OmniVision OV948 bakal dipakai di dunia medis. Hal ini karena dari segi ukuran, kamera ini bisa dipasang di alat bedah yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia untuk membantu operasi.

Mudahkan Proses Operasi

Seorang dokter mengabadikan gambar proses tindakan operasi bedah plastik di RS EMC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (14/1). Operasi bedah plastik ini ditujukan untuk membentuk perut jadi six pack. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Operasi tertentu akan membutuhkan ahli bedah untuk melakukan operasi. Namun, dengan bantuan kamera ini, ahli bedah bisa melihat apakah yang mereka kerjakan telah benar.

Tak hanya itu, karena ukurannya yang sangat kecil ditambah dengan konsumsi daya baterai yang rendah, kamera kecil ini bisa meminimalisasi panas.

Dengan begitu, akan memungkinkan ahli bedah untuk menghemat waktu alih-alih terburu-buru melakukan prosedur operasi.[liputan6]