Siapa yang tidak tertarik jika ada tulisan seperti ini, "Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Hingga Rp 100 juta per Bulan." Pasti kalian semua tertarik kan? Begitu juga aku!

Ini adalah kisah dimana saya mengenal blog, beberapa tahun yang lalu, Siang hari, di Sekolah, Saat istirahat. Aku duduk dikursi sambil memegang handphone Android, Ku buka layar kunci, ku tekan icon Settings, ku aktifkan Wi-fi, Yak.. nyantol satu Wi-fi #RuangGuru 😂😂😂.

Aku buka web mesin pencari terbesar sejagad raya, yaitu Mbah Google. Aku ketikkan dikolom pencarian, "Cara Menghasilkan Uang dari Internet" dan inilah yang keluar:

Aku baca satu per satu, tidak ada yang cocok, kugeserkan jari kebawah sampai ketemu dengan pencarian terkait:

Saya mulai baca dari yang bawah, kalau tanpa modal itu tidak mungkin, karena semua pasti butuh modal. Saya baca yang nomor dua dari atas "Cara mendapatkan uang dari blog" sepertinya aku tertarik, saya klik dan tampilah:

Aku baca dari postingan mas darmawan yang berjudul "Cara Mendapatkan Uang dari Blog hingga Rp 100 juta per bulan". Tulisannya keren, enak dibaca, sampai saya bisa baca sampai akhir, panjang banget. Tapi setelah baca Aku menyimpulkan ternyata tak segampang seperti judul!.

Selanjutnya Aku baca postingan mas sugeng yang berjudul, "Cara Menghasilkan Uang dari Blog [Panduan Lengkap]". Hmmm... isinya memang lengkap.

Dari artikel mas darmawan dan mas sugeng, saya praktekkan, gampanglah cuma ikutin doang.

Setelah itu mengenal Adsense. Oke di Aprroved! terus kalau sudah di Aprroved Adsense, apa yang harus dilakukan? baca sana sini... harus mematuhi kebijakan Adsense, Sering-seringlah nge-post agar banyak pengunjung yang datang. Katanya kalau pengunjung banyak, pendapatan Adsense juga banyak. Apakah betul??? Bisa iya Bisa juga tidak.

Dan sekarang Aku tahu inilah Ekpetasi dan Realita seorang blogger:

Ekspetasi:
Seorang blogger hanya duduk-duduk didepan laptop, komputer, atau notebook, sambil minum kopi, duit mengalir dengan sendirinya ke rekening.

Realita:
Seorang blogger mati-matian berebut posisi peringkat satu di pencarian, katanya peringkat satu mampu mendatangkan banyak pengunjung, padahal tidak semestinya begitu, misal peringkat satu tapi pencarinya sedikit, sama saja kan?.

Untuk bisa menempati peringkat satu, kita harus ahli seo, dan apa itu seo? menurut saya SEO adalah gabungan antara template responsive, riset keyword (Keyword Research), pagerank, mobile friendly, link building, data terstruktur, analityc, backlink, internet marketing, social media marketing, schema.org, desain web, dan masih banyak lainnya.

Kalau blogger-blogger yang imannya tidak kuat, yang dilakukan adalah tanam backlink yang gak penting, nyepam, copy paste, pokoknya maunya yang instan-instan.

Kita harus mengerti itu semua, tidak hanya itu, kalau sudah di approved adsense, kita harus mematuhi kebijakan Konten, kebijakan blogger, kebijakan Adsense, dan masih banyak lagi kebijakan lainya.

Itulah ekspetasi dan realita yang di alami banyak blogger, termasuk Aku juga. Ekspetasi jauh sekali dari realita.

Gimana masih mau jadi blogger?

Menurutku, Blogger sukses yang Aku ketahui adalah blogger yang sudah bertahun-tahun ngeblog dan sampai blognya menghasilkan uang.

Dan sekarang Aku bisa menyimpulkan bahwa mencari uang lewat blog itu bisa. Tetapi tidak semudah yang dibayangkan dan memang blog bukan tempat untuk cepat kaya.

Ngeblog hanya untuk orang yang mempunyai kesabaran dan ketekutan yang tinggi, tidak mudah menyerah, terus belajar sampai bisa jadi sumber penghasilan.

Dan Aku sekarang sedikit demi sedikit telah menikmati hasil dari blog sendiri dari sekian lama berkelana kesana kemari mengunjungi blog-blog keren untuk belajar mencari jawaban dari apa yang aku tanyakan!