Smartfren meluncurkan SmartPoin 2.0 yang merupakan bentuk Program Loyalty. Program ini adalah salah satu bentuk apresiasi yang diberikan Smartfren kepada pelanggannya yang berbasis aplikasi MySmartfren.

Pelanggan yang telah memasang atau memperbarui aplikasi MySmartfren di ponselnya, dapat mengetahui jumlah SmartPoin yang dimiliki.

Adapun SmartPoin adalah poin reward yang didapat pelanggan setelah melakukan pembelian paket internet atau aktivitas lain yang menggunakan pulsa, seperti menggunakan layanan telepon (VoLTE) dan SMS. Nantinya pelanggan akan mendapat kesempatan memutar koin emas untuk mendapatkan SmartPoin.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan, dengan program loyalitas, Smartfren ingin membuat pelanggan makin betah menggunakan layanannya. Ia menyamakan program loyalitas ini dengan poin loyalitas di maskapai penerbangan.

"Seiring terus dipakai, poinnya nambah terus. Jadi poin makin banyak, jika pelanggan makin aktif. Hal ini membuat konsumen yang sering tukar kartu (churn rate) makin berkurang. Kalau ganti nomor poinnya ikut hilang karena poin tersimpan di nomor pelanggan," tutur Djoko ditemui di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Djoko mengatakan, saat ini Smartfren memiliki 22 juta pelanggan. Dari jumlah itu, tingkat pakai buang kartu SIM (churn rate) Smartfren mencapai 30 persen. Smartfren memiliki target agar churn rate bisa turun menjadi 25 hingga 20 persen.

"Dengan begitu orang bisa loyal ke Smartfren dan pertumbuhan pun bisa di atas industri. Dengan pertumbuhan tinggi, tingkat churn rate lama-lama akan turun dan itu akan berkelanjutan," kata Djoko.

Tukar SmartPoin

Melalui aplikasi MySmartfren, pelanggan dapat menukar SmartPoin dengan berbagai macam kupon atau voucher diskon. SmartPoin dapat ditukar dengan kupon undian Program Undian Smartfren Wow dengan hadiah utama rumah, mobil, motor, serta ratusan hadiah lainnya bernilai miliaran rupiah.

Selain itu, pelanggan juga dapat menukar SmartPoin dengan beragam Paket Internet Smartfren atau kupon diskon produk makanan dan minuman (F&B) serta kupon diskon agensi perjalanan (tour and travel).

Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, dengan menukar 100 Smartpoin, pelanggan akan mendapatkan satu kupon untuk mengikuti Program Undian Smartfren Wow, sehingga kesempatan menang jadi lebih besar.

"Setiap harinya pelanggan juga dapat mengikuti program Wow Deals hanya dengan menukar SmartPoin dengan beragam kupon atau voucher yang sangat menarik,” kata Roberto.

Smartfren Wow Fest

Masih dalam rangkaian kegiatan Peluncuran SmartPoin 2.0, Smartfren akan menggelar event Smartfren WOW Fest yang akan berlangsung di Ecovention Ancol pada hari Minggu, 10 November 2019 yang akan diisi dengan sederet penyanyi nasional ternama.

Misalnya Andre Hehanussa, JKT48, Kahitna, Project Pop, RAN, Rizky Febian, Feel Koplo, Maliq & D’Essentials, Marion jola, Teza Sumendra, Dipha Barus ftMonica Karina, dan Adhitia Sofyan.

Selain itu akan ada sesi Wow Talks yang merupakan sesi edukasi mengenai beragam hal dengan narasumber Atta Halilintar, Saaih Halilintar, dan Kaesang Pangarep.

Pelanggan Smartfren yang akan hadir pada event Smartfren Wow Fest dapat menukar 2.000 SmartPoin dengan tiket pertunjukan.

Sebagai apresiasi tambahan, Smartfren melalui aplikasi mySmartfren juga meluncurkan program “Wow Deals” yang bisa diikuti pelanggan Smartfren hanya dengan menukar SmartPoin. Beberapa kupon/voucher yang ditawarkan dalam "Wow Deals”, antara lain voucher transportasi online, voucher food & beverage (F&B) dan voucher travel.

Menurut Head of Digital Commerce and Loyalty Smartfren Irfan Firmansyah pengundian program “WOW Deals” akan dimulai pada 1 November 2019 dan akan dilakukan tiga kali sesi dalam sehari.

Hanya dengan menukar satu SmartPoin, pelanggan berkesempatan mendapat beragam kupon atau voucher diskon (potongan harga) untuk layanan transportasi online, voucher diskon produk makanan dan minuman, serta voucher atau kupon diskon layanan perjalanan (tour and travel).[liputan6]