Google menghadirkan modus gelap (dark mode) bersamaan dengan pembaruan Android 10. Sejumlah aplikasi Google di Android juga diberikan opsi dark mode, salah satunya Gmail.

Berdasarkan laporan Android Central, Google mulai menggulirkan dark mode di Gmail lewat pembaruan berdasarkan server.

Mengutip laman Phone Arena, Jumat (13/9/2019), jika opsi dark mode di Gmail ini sudah tersedia, pengguna memiliki pilihan untuk mengatur tampilan Gmail di smartphone.

Ada tiga opsi tampilan Gmail, yakni Light atau terang, Dark alias gelap, dan System Default atau sesuai pengaturan awal. Untuk bisa memilih tampilan Gmail, pastikan bahwa perangkat memiliki aplikasi Gmail versi terbaru yakni 2019.08.18.267044774.

Kendati demikian, beberapa pengguna Android dengan aplikasi Gmail versi terbaru belum mendapatkan pembaruan yang memuat modus gelap, mereka malah melaporkan bahwa widget Gmail sekarang tampil dalam modus gelap secara otomatis.

Untuk memastikan apakah aplikasi Gmail kamu sudah memiliki opsi dark mode, kamu bisa membuka aplikasi Gmail dan mengetuk setting atau setelan (tiga titik di sudut kiri atas Gmail). Kemudian kamu bisa geser layar ke bawah dan pilih menu Setting > General Setting.

Mengurangi Ketegangan Mata

(Doc: jalantikus.com)

Sekadar informasi, Google menambahkan dark mode ke aplikasinya dengan tujuan untuk melindungi mata pengguna dari cahaya terang pada latar putih di sejumlah aplikasi Android, terutama yang memakai material desain milik Google.

Aplikasi-aplikasi berlatar pulih bisa terasa menyilaukan dan menyebabkan ketegangan mata. Selain itu, di malam hari, saat pengguna melihat layar smartphone dengan lampu mati, latar belakang putih bisa mengganggu orang-orang di ruangan yang sama dengan si pengguna smartphone.

Google menilai, dark mode bisa membantu mencegah hal tersebut terjadi dengan membalikkan teks hitam pada layar putih menjadi teks putih pada layar hitam atau abu-abu.[liputan6]