Tugas yang dilakukan smartphone Android saat ini tak dimungkiri kian berat. Tidak lagi digunakan untuk komunikasi, smartphone sudah menjadi alat kerja mungil bagi penggunannya.

Dengan kondisi itu, penggunaan layar yang makin besar dan prosesor mumpuni sudah menjadi kewajiban. Sayangnya, kondisi itu tidak didukung dengan inovasi di bidang baterai, sehingga tidak banyak perubahan yang ditawarkan dari sisi sumber daya.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk menghemat penggunaan baterai yang kian boros. Untuk itu, berikut ini lima tips ampuh agar smartphone Android mu tidak tergantung pada powerbank seperti dikutip dari Make Use Of, Senin (14/1/2019).

1. Batasi Penggunaan Lokasi di Aplikasi

Salah satu tips yang kerap direkomendasikan untuk menghemat baterai adalah mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Kendati demikian, cara tersebut sebenarnya tidak berakibat banyak.

Ada cara lain yang ampuh yakni mengontrol penggunaan lokasi di aplikasi. Maksudnya, kamu membatasi pembacaan posisi yang dilakukan oleh sebuah aplikasi di smartphone Android.

Untuk melakukannya, kamu tinggal membuka menu "Settings" dan pilih "Location". Setelah itu, pilih "device only" atau "phone only" di bagian metode lokasi. Ada baiknya kamu juga menonaktifkan pemindai Wi-Fi dan bluetooth.

2. Nyalakan Dark Theme di Aplikasi

Baterai smartphone lama terisi (androipit.com)

Apabila smartphone-mu memakai layar OLED, menggunakan latar bertema hitam (dark theme) dapat meningkatkan daya tahan baterai. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar smartphone tampil lebih hitam.

Pertama, kamu dapat menggunakan wallpaper hitam. Selain itu, aktifkan pula fitur dark theme yang kini sudah ada di sejumlah aplikasi.

Bahkan, jika memungkinkan kamu dapat menerapkan dark theme secara keseluruhan di smartphone yang sudah mendukung.

3. Matikan Wi-Fi Otomatis

Sejak pembaruan Oreo, Android kedatangan fitur yang memungkinkan pemindaian Wi-Fi berjalan otomatis, meski Wi-Fi dalam keadaan mati. Karenanya, kamu harus mematikan fitur ini.

Untuk melakukannya, kamu tinggal buka "Settings", lalu "Network & Internet", dan pilih "Wi-Fi". Di bagian bawah "Wi-Fi preferences", kamu tinggal mematikan opsi "Turn on Wi-Fi automatically".

4. Pantau Aplikasi dengan Aktivitas Berlebihan

Ilustrasi baterai smartphone. Dok: electronics.howstuffworks.com

Baterai smartphone-mu dapat dengan mudah habis jika ada aplikasi yang tidak berjalan seperti seharusnya. Biasanya, hal itu terjadi karena ada bug atau fitur aplikasi yang terlalu agresif berjalan di background.

Oleh sebab itu, kamu perlu memantau aplikasi mana yang terlalu banyak menyedot baterai dengan membuka "Settings", pilih "Battery", "Menu", dan "Battery Usage".

Jika ada aplikasi dengan konsumsi baterai yang mencurigakan dan tidak digunakan, ada baiknya hapus aplikasi tersebut.

5. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Metode lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi versi Lite. Seperti diketahui, saat ini beragam aplikasi kenamaan memiliki versi yang lebih ringan.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu dapat menghemat pemakaian baterai karena memang aplikasi tersebut sudah didesain lebih ramah konsumsi daya dan data ketimbang versi standar.