Hallo... kali ini admin bagikan artikel 4 Cara Melacak Smartphone Android atau Tablet yang hilang, yang mungkin bermanfaat buat kalian yang baru kehilangan atau di buat ilmu saja juga tidak apa-apa.

Berikut 4 Cara Melacak Android Yang Hilang :

Trik Melacak Android Menggunakan Google Android Device Manager (ADM)

Android Device Manager adalah sebuah alat resmi yang dimiliki oleh Google yang berfungsi untuk melacak Tablet atau HP Android yang sangat mudah untuk digunakan. Selain gratis, ADM juga tidak memerlukan alat tambahan untuk menggunakannya. Satu-satunya syarat wajib untuk dapat menggunakan alat ini adalah Android anda harus terkoneksi ke akun google, tidak dalam keadaan mati, dihidupkan dan terhubung ke internet. Selain dapat melacak Android, ADM juga memiliki fitur untuk melakukan dering dan wiping. Fitur remote control ini artinya dapat membunyikan Smartphone Android dan menghapus data didalamnya langsung dari jarak jauh.


Berikut adalah caranya :
1. Log in ke Android Device Manager menggunakan akun google dari Android yang hilang dengan menggunakan browser di PC atau laptop.

2. Setelah masuk, anda akan melihat nama Android yang terkoneksi.

3. Jangan melakukan fitur dering agar dia tidak curiga dengan Android tersebut.

4. Perhatikan saja lokasi saat ini, catat alamat dan waktu atau jam dari lokasi terakhir Android berada. Dari sana, anda bisa langsung coba mendatangi alamat dan lokasi yang telah ditunjukkan oleh ADM.

Jika pada ADM hanya menunjukkan keterangan “Lokasi tidak tersedia”, “Terakhir online” lakukan log in ke ADM setiap hari karena kemungkinan Android anda tersebut sedang dalam keadaan mati, tidak terkoneksi ke internet atau memang dia sudah melakukan factory reset. Bagaimana mengatasi masalah ini? Simak cara berikut di bawah ini !

Trik Melacak Android Menggunakan Google Map

Google Map memiliki fitur untuk melacak setiap pergerakan yang anda lakukan dengan menggunakan GPS yang disebut dengan location history. Fitur ini sebenarnya sudah lama sekali ada.

Yang jadi permasalahannya adalah, apakah anda pernah mengaktifkan fitur ini? Sudahkan anda mengijinkan google untuk melacak setiap lokasi yang anda kunjungi sebelum Smartphone atau Tablet tersebut hilang? Entah itu secara lokal maupun saat pergi ke luar negeri, fitur location history ini akan memberikan informasi yang sangat detail.

Mulai dari jalan atau track, tanggal (Biasanya diintegrasikan dengan Google Calendar), menampilkan waktu dan jam serta tempat tertentu yang sebelumnya telah terdaftar di google map.

Disana anda akan melihat track atau garis berwarna merah yang menandakan ketika anda bepergian. Tetapi jika ternyata kita belum pernah menggunakannya, hanya akan ada keterangan tidak tersedia. Untuk mengetahuinya, periksa di Google Location history.

Trik Melacak Android Menggunakan DropBox

Beberapa produsen yang telah memproduksi dan memasarkan Tablet serta Smartphone Android telah memasang dropbox sebagai aplikasi bawaan dari produk mereka. Tetapi jika anda telah memasangnya secara manual tujuan utama dari cara ketiga ini pun sama.

Trik ini hanya akan lebih mudah dipahami bagi anda yang menggunakan cloud storage dropbox di perangkat Android mereka. Biarkan saya membantu anda untuk mengingatnya. Pada aplikasi dropbox, ada salah satu fitur yang dinamakan Camera Upload.

Fitur ini akan secara otomatis mengunggah setiap kali kita mengambil gambar atau foto baik itu dengan menggunakan kamera depan atau belakang. Foto tersebut akan tersimpan didalam folder awan dropbox dengan nama Camera Upload. Masih ingatkah anda dengan fitur ini? Sekarang, lakukan log in ke akun dropbox menggunakan PC kemudian buka folder Camera Upload.

Tujuan dari trik ini adalah, sangat mungkin si pencuri mengambil foto atau membuat foto selfie yang secara otomatis akan terupload. Secara logika, kita akan mendapat petunjuk tambahan mengenai lokasi dari Smartphone yang hilang mealui foto-foto yang ada didalam folder tersebut.

Melacak Android Menggunakan Samsung Kendali Jarak Jauh

Khusus untuk pengguna Android dari Samsung. Selain mereka memiliki layanan Samsung Apps, mereka juga memiliki fitur remote control yang dinamakan dengan Find my mobile. Dimana kita bisa melakukan beberapacara untuk mengendalikannya dari jarak jauh seperti mengunci, melacak, membunyikan, menghapus data bahkan mengirim kita SMS secara otomatis setiap kali Android tersebut telah diganti kartu SIM. Selama Android kita belum di factory reset, meskipun si pencuri sering menggantisim card dari berbagai operator fitur tersebut akan terus mengirimi kita SMS. Namun sekali lagi, apakah anda telah mengaktifkan fitur samsung kendali jarak jauh?

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan untuk dapat melacak Tablet dan Smartphone Android yang hilang.

Semoga berhasil...!