Seorang hacker merupakan orang yang memiliki skill tinggi yang mampu menyusup atau membobol sistem, jaringan, maupun bug. Perangkat smartphone kini menjadi target para hacker untuk meretas data pengguna. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Symantec, dari tahun 2013 hingga 2015, tingkat kerentanan meningkat hingga 214%.


Selain kepandaian sang hacker, ternyata kelalaian pengguna juga dapat membuat sebuah smartphone menjadi sasaran untuk di hacking. Bagaimana cara menghindarkan smartphone Anda dari serangan hacker? Berikut ini beberapa tips untuk mengamankan smartphone dari hacker.


1. Aktifkan Lockscreen di smartphone


Ini adalah upaya untuk melindungi data Anda ketika smartphone Anda hilang. Mulai dari pin, pattern, fingerprint, dan sebagainya. Meskipun simpel, tindakan ini adalah langkah yang sangat ampuh untuk menghindari tangan-tangan jahil mencuri kesempatan dalam kesempitan.


2. Aktifkan 2-Langkah Verifikasi disetiap akun


Dengan mengaktifkan 2-Langkah Verifikasi pada akun-akun yang ada di smartphone seperti, facebook, twitter, Instagram, gmail, akan memberikan tingkat keamanan lebih untuk akun-akun Anda. Ini merupakan salah satu opsi proteksi yang cukup berguna apabila Anda terapkan pada smartphone Anda.


3. Gunakan Password secara berbeda tiap akun


Pastikan setiap password akun Anda memiliki password yang berbeda. Hal ini tentunya akan memberikan tingkat keamanan yanglebih baik berbanding Anda menggunakan password yang samauntuk masing-masing akun.


4. Perhatikan WI-fi dan Virtual Private Network (VPN)


Sektor keamanan yang amat perlu Anda perhatikan saat Anda terhubung ke jaringan Wifi adalah VPN. VPN akan mengenkripsi traffic internet Anda, namun begitu hal tersebut ternyata justru dapat memudahkan para peretas untuk melihat data apa yang sedang ditransmisikan melalui jaringan Wi-Fi.


5. Waspada terhadap email mencurigakan


Email adalah salah satu pintu masuk yang dimanfaatkan oleh hacker untuk membajak data smartphone korban. Anda harus selalu bersikap waspada terhadap email masuk darialamat yang tidak Anda kenal atau yang sifatnya mencurigakan yang berisi link-link tertentu.


6. Gunakan pengunci aplikasi


Untuk aplikasi chatting seperti BBM, FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM, dll, di anjurkan untuk memasang perlindungan lebih. contohnya memakai aplikasi Applock yang dapat mengunci aplikasi tersebut dengan PIN. Ini merupakan langkah lanjut untuk menjaga agar identitas akun tidak mudah dibobol oleh orang lain.


7. Gunakan aplikasi chatting yang terenkripsi


Dilansir oleh Tech Insider, baru-baru ini dikatakan ada kerentanan dalam protokol jaringan yang disebut SS7. Kerentanan ini memungkinkan hacker untuk melacak lokasi, membaca pesan, bahkan mendengarkan panggilan telepon. Nah, untuk menghindari pelacakan panggilan telepon, pesan, dan lokasi, Sebaiknya kamu menggunakan aplikasi pesan yang terenkripsi seperti WhatsApp, Telegram, serta Facebook Messenger. Bahkan aplikasi ini juga tersedia untuk panggilan dalam bentuk video call dan suara. Hal ini membuat kita merasa lebih aman.


8. Download aplikasi smartphone di tempat yang resmi


Dalam hal menginstall aplikasi ada bagusnya kalau mendownload dari tempat yang terpercaya atau toko aplikasi resmi dari sistem operasinya. Soalnya, aplikasi yang kamu download dapat mengumpulkan semua informasi tentang kamu.


9. Selalu update OS Smartphone


Jangan anggap remeh update sistem operasi  kamu, soalnya setiap ada update dari sistem operasi sudah pasti membawa keamanan sistem yang baru.


10. Jangan simpan password di browser


Menyimpan kata sandi memang dapat membuat kita lebih mudah. misalnya menyimpan password dibrowser yang kita gunakan. Hal ini dilakukan karena dapat mempersingkat proses saat membuka akun sosmed maupun situs lainnya. Tapi selalu ingat bahwa itu merupakan tindakan yang kurang aman karena orang-orang tertentu bisa saja mencurinya.


11. Selalu logout setelah selesai browsing


Kita mungkin sering membuka aplikasi yang membutuhkan username atau password untuk login, seperti sosmed. Walaupun dalam hal ini hanya kita saja yang memakai smartphone tersebut, namun kebiasaan menutup aplikasi tanpa prosess log out sangat rentan terhadap serangan hacker. Apalagi jika sewaktu waktu ponsel kamu berpindah tangan. Jika kamu tidak ingin direpotkan dengan login ulang, maka lebih baik kamu menginstall aplikasi AppLock.


12. Gunakan Android Browser yang Aman untuk Smartphone


Menggunakan smartphone Android tidak melulu hanya untuk chatting dan bermedia sosial. Kamu pasti sering banget browsing mencari informasi yang berguna. Sayangnya justru melalui browser para peretas sering mencuri informasi para targetnya. Jadi carilah informasi browser paling aman untuk Android.


13. Pasang Antivirus di Android


Antivirus merupakan sebuah program atau aplikasi yang memang terbukti mampu untuk mencegah hadirnya virus pada sebuah perangkat. Hal ini juga dapat di lakukan untuk mencegahnya serangan hacker di Android.


14. Rajinlah Backup Data Smartphone


Mem-backup data smartphone Android kamu memang merupakan hal terbaik yang dapat kamu lakukan. Mengapa? Sebab, jika memang Android kamu di-hack dan mengacak-acak data, kamu masih mempunyai simpanan segala data kamu.