Kadang-kadang, terlalu nyaman menggunakan smartphone, sering tidak merasa bahwa penggunaan kuota data yang internet sudah di ambang kematian. Bahkan, Kamu mungkin harus memilah, mana yang harus diperlukan dan mana yang tidak diperlukan. Tapi, sekali lagi, Kamu harus membeli paket internet, meskipun Kamu baru saja dibeli.

Ada cara untuk menyimpan kuota data di smartphone Android. Sehingga Kamu tidak perlu membuang-buang uang Kamu hanya untuk membeli paket internet setiap saat.

Berikut caranya :

Gunakan Google Chrome Untuk Browsing

Jika Kamu menggunakan Google Chrome untuk browsing internet, maka yang satu ini akan sangat membantu untuk menghemat kuota. Aktifkan pilihan Penghemat Data yang ada di Chrome, maka dengan melakukannya dengan cara ini Kamu sudah bisa menghemat hingga 30-35% dari pemakaian kuota data internetmu.

Menggunakan fitur Penghemat Data, tentu saja, bukan berarti hal itu akan menghambat Kamu. Untuk mengaktifkannya, Klik ikon opsi di kanan atas, klik Settings, dan pilih data Saver.

Gunakan Opera Untuk Streaming Video


Browser Android lainnya, yaitu Opera juga memiliki fitur menarik yang sangat berguna. Seperti fitur yang memungkinkan Kamu untuk kompres video saat browsing di dunia maya. Tentu saja, menonton video streaming, sehingga menghabiska data kuota mu. Dengan demikian, paket internet mu selalu cepat habis.

Dengan fitur di Opera, Kamu tidak perlu khawatir untuk menonton video streaming.

Tentu saja, fitur ini sangat menghemat data saat kuota digunakan ketika browsing di dunia maya. Untuk mengaktifkannya, Kamu perlu men-download browser Opera, kemudian pilih Settings, dan klik Data Saver.

Jangan Gunakan Aplikasi Facebook


Siapa yang tidak tahu Facebook ?
Pasti deh culun jika pada tahun 2017, Kamu masih tidak menggunakan FB. Ya, aplikasi Android yang satu ini, adalah salah satu konsumen terbesar yang memakan kuoat pada Android.
Bahkan, tidak hanya data, Facebook juga akan menguras baterai Androidmu dengan cepat.

Bukan berarti saya melarang menggunakan Facebook, Kamu masih dapat Facebookan dengan menggunakan alternatif lain, seperti membuka lewat Uc Browser, Chrome dan Opera, atau aplikasi browser yang lain. Tentu, banyak aplikasi alternatif untuk membuka FB, tapi seperti Facebook Lite diklaim untuk mengurangi konsumsi data hingga 50%, tapi itu masih memakan ratusan MB per bulan.

Gunakan Aplikasi dan Game Offline


Untuk gamer sejati, tidak lengkap rasanya jika Kamu tidak ikut pada permainan smartphone untuk dimainkan. Namun, seperti yang kita tahu, beberapa game online membutuhkan akses internet untuk memainkannya.

Ada cara untuk mengatasinya. Kamu dapat menggunakan permainan yang tidak memerlukan akses internet (Game Offline). Demikian juga aplikasi, banyak yang bisa Kamu download untuk smartphone Android Kamu.

Batasi Data di Latar belakang


Cara termudah untuk menghemat kuota Kamu adalah mengatur aplikasi atau bahkan sistem Android itu sendiri, untuk membatasi data di latar belakang. Latar Belakang Data merupakan limbah data internet yang terjadi ketika Kamu tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, pembaruan feed, widget cuaca, dan sebagainya.

Oleh karena itu, Kamu dapat mengatur di menu Settings, lalu pilih Data Usage, dan kemudian pilih Batasi data latarbelakang. Jika Kamu ingin mengatur satu per satu, Kamu dapat mengunjungi aplikasi yang telah terinstal sebelumnya. Jika Kamu ingin menonaktifkan email siknkronisasi, Kamu dapat pergi ke Settings, pergi ke Account, Google, dan kemudian mematikan auto-sync.
Oleh karena itu, Kamu harus memeriksa email Kamu secara manual.

Nonaktifkan Auto-Update Aplikasi


Pemakaian kuota saat smartphone Android mu setiap kali otomatis melakukan update di Google Play.
Untuk mengatasi hal ini, Buka Play Store, kemudian atur opsi auto-update menjadi no auto-update aplikasi, atau Pembaruan aplikasi melalui Wi-Fi saja.

Jika Kamu diminta untuk melakukan update pada aplikasi yang Kamu miliki, lakukan secara manual saja. Caranya Pilih Aplikasi saya, dan kemudian pilih Aplikasi yang ingin Kamu diperbarui. Dengan ini, kuota data akan sangat hemat.

Jangan Gunakan Aplikasi Streaming di Smartphone


Layanan streaming sekarang tersedia banyak. Dengan menggunakan smartphone, Kamu dapat mengakses YouTube, Spotify, Vie, atau situs streaming video dan musik lainnya. Dan, dengan menggunakan aplikasi streaming ini, kuota internet Kamu akan cepat habis.
Selain itu, aplikasi streaming juga akan menguras daya baterai Android Kamu.

Hapus Aplikasi yang banyak Mengkonsumsi data


Meskipun cara ketujuh yang telah Kamu lakukan, tetapi kuota mu masih cepat habis, lakukan pula cara kedelapan. Buka Aplikasi Pengaturan (Settings), Pada menu Settings, kemudian klik Data Usage, Kamu dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan data, baik di latar depan atau latar belakang.
Ini yang harus Kamu lakukan untuk mencari tahu di mana aplikasi yang banyak memakan kuota.

Sebagai contoh, aplikasi Gmail. Gmail telah didownload, di latar belakang tanpa Kamu ketahui Gmail memakan ratusan MB. Tentu saja, Kamu akan sangat kesal bahwa kuota mu hanya terbuang sia-sia. Untuk itu, Kamu dapat menghapus aplikasi ini, atau mengatur sinkronisasi Gmail.

Gunakan Aplikasi Maps Offline


Bila Kamu sedang mencari alamat, atau Kamu tidak tahu jalannya, cara terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi Maps yang disediakan oleh Android.
Kamu bisa mendownload aplikasi Maps sesuai dengan keinginan Kamu di Google Play Store.

Tapi, apakah Kamu tahu bahwa aplikasi tersebut memakan kuota Kamu? Salah satunya adalah Google Maps. Kamu dapat menggunakan Google Maps tablet offline. Bagaimana? Kamu bisa baca Cara Menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet (Offline).

Jangan Download, Upload atau Kirim Gambar atau Video


Ketika Kamu jalan-jalan, tentu saja Kamu pasti akan menangkap momen menarik dengan ber-selfie ria, memotret, dan bahkan membuat rekaman video. Nah, yang kebiasaan yang Kamu lakukan adalah langsung meng-upload ke media sosial untuk kamu pamerkan.
Sayangnya, itu adalah memiliki dampak buruk pada kuota data.

Bayangkan, smartphone saat ini sudah memiliki ukuran dan resolusi kamera cukup baik. Tentu saat mengambil gambar dan video, pasti akan menghasilkan gambar atau video ukuran sangat besar. Jika salah satu foto besarnya 5MB, 10 gambar berarti 50MB. Jika Kamu banyak uang dan tidak peduli pada kuota sih tidak apa-apa guys, hehehe.

Manfaatkan Wi-fi Hotspot


Nah, ini adalah yang paling menarik untuk para penggemar dunia gadget. Ketika Kamu berada di kafe, restoran, tempat hang out di mana saja yang menyediakan konektivitas Wi-Fi Hotspot, itu bisa kamu gunakan. Jangan pernah malu untuk meminta kata sandi kepada pelayan yang ada di tempat. Tapi biasanya tidak disandi.

Jika Kamu bingung untuk menemukan tempat yang menyediakan hotspot, Kamu dapat menggunakan aplikasi pencari WiFi, Kamu bisa mendownload di google playstore.

Mengirim file lewat Bluetooth


Untuk mengirim atau berbagi file seperti gambar, video, musik atau file lainya, kamu bisa mengirimnya lewat Bluethooth. Tapi, Di zaman yang modern seperti ini, biasanya Bluetooth tidak digunakan ketika Kamu ingin berbagi foto, video, dan file lainnya. Kamu harus selalu menggunakan aplikasi pesan instan seperti Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp, dan aplikasi pesan instan lainya untuk menyederhanakan proses transfer file antara android mu ke android temanmu. Padahal, jelas ini mengambil kuota internet Kamu.